Slide # 1

Slide # 2

Slide # 3

Slide # 4

Slide # 5

Slide # 6

Selasa, 23 Februari 2016

5 Hal Unik Mengenai Tugu Nol Kilometer Sabang




Hal Unik 1 : Penanda Geografis yang unik.
Tugu Nol Kilometer yang menjadi simbol pemersatu Nusantara dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua ini merupakan sebuah nagunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Di puncak Tugu yang bercat putih dan di bagian atas menyemit seperti mata bor ini, terdapat patung burung garuda yang sedang menggengam angka nol bersama dengan prasasti marmer hitam yang menunjukkan posisi geografisnya.

Hal Unik 2 : Tidak terpancang di garis terluar sisi Barat Indonesia.
Secara teknis, sebetulnya masih ada pulau yang terletak di sisi paling barat Indonesia, yakni Pulau Lhee Blah yang merupakan sebuah pulau kecil di selah barat Pulau Breu.

Hal Unik 3 : Memiliki Kembaran.
Tugu Nol Kilometer memiliki kembaran yang bernama Tugu Kembaran Sabang Merauke. Tugu yang terdapat di Distrik Sota, Kabupaten Merauke ini berbentuk mirip sekali dengan Tugu Nol Kilometer di Sabang. Akan tetapi, yang berbeda hanyalah tulisan di prasasti, yakni tulisan yang diambil dari lirik lagu “Satu Nusa Satu Bangsa” ciptaan L. Manik.

Hal Unik 4 : Berbatasan dengan 6 negara tetangga sekaligus.
Titik Kilometer Nol ini berbatasan dengan 6 negara tetangga yakni di sebelah Timur berbatasan dengan Malaysia dan Thailand dengan laut Andaman, sedangkan di sebelah Timur Laut berbatasan dengan wilayah Myanmar. Di utara Titik Nol Kilometer ini berbatasan dengan Bangladesh, India serta Srilangka.

Hal Unik 5 : Presiden Jokowi merupakan presiden pertama yang mencapai Titik Nol Kilometer di Indonesia ini

0 komentar:

Posting Komentar